PUBG VS ROS : Pertempuran Raja Battle Royale Mobile

GCUBE rules-of-survival-vs-pubg-mobile-feature-image

Saat ini adalah waktu yang tepat untuk menjadi gamer mobile, terutama jika kamu bermain game action shooter di ponselmu. Dengan di rilisnya PUBG Mobile baru - baru ini di seluruh dunia, apakah “Raja Lama” dari Battle Royale Mobile Rules of Survival dapat bertahan dari ancaman pesaing barunya, yaitu game Battle Royale PC yang telah sukses secara fenomenal?

Cari tahu selengkapnya di GCube, di mana kita akan membandingkan keduanya di PUBG VS ROS : Pertempuran Raja Battle Royale Mobile!

Pertempuran Sudah di Mulai!

rules-of-survival-article-pubgvsros-download-count

Seperti yang kamu ketahui raja game Battle Royale PC yaitu PUBG (Player Unknown’s Battlegrounds) telah menginvasi pasar game mobile dunia dalam beberapa hari ini. Di Google Play saja, PUBG Mobile (yang masih ada dalam tahap beta) sudah mencapai angka download yang menakjubkan sebesar 5 Juta download pada 22 Maret 2018.

Lalu bagaimana dengan Rules of Survival? Pada 22 Maret 2018, angka downloadnya mencapai 10 Juta download sejak rilis full pada Q4 tahun lalu.  

Jika membandingkan keduanya, perkembangan PUBG Mobile dapat dibilang lebih pesat, kami menyimpulkan bahwa hal itu dapat terjadi karena hype yang didapatkan oleh PUBG yang di rilis full pada akhir tahun kemarin belum mati dan sekarang hype tersebut malah bertambah lebih besar dengan di rilisnya versi mobile dari game tersebut.

Update:

PUBG Mobile sudah mencapai 10 Juta download loh per tanggal 23 Maret 2018 amazing banget hanya dalam sehari sudah di download jutaan orang >.<

 

 

Kebutuhan Perangkat

Untuk dapat bermain Rules of Survival dan PUBG Mobile kamu tentunya ingin tahu kebutuhan dari ponselmu. Dibawah ini kamu dapat melihat detail dari kebutuhan perangkat yang sudah kami kumpulkan buat kamu.

Game RAM Minimum Versi OS Minimum Besar File
Rules of Survival 2GB Android 4.0 & iOS 7.0 2.56GB
PUBG Mobile 2GB Android 5.1.1 & iOS 6.0 766MB

Kedua game membutuhkan RAM yang besar, karena ketika kamu bermain kamu akan me-render map yang besar serta berbagai macam objek di dalamnya.

Fitur dari Kedua Game!

Ada beberapa fitur yang sama seperti fitur vaulting yang baru ditambahkan ke dalam Rules of Survival, yang dimana PUBG Mobile sudah miliki ketika di rilis.

Hari ini, kami akan memberikan kamu gambaran ringkasan dari fitur kedua game Battle Royale Mobile tersebut.

#1  Grafis Game

rules-of-survival-article-pubgvsros-graphic-ros
Grafis Rules of Survival

Rules of Survival memiliki fitur grafis setengah kartun dan setengah realistis, kami menyebutnya sebagai grafis “realistis casual”. Dari segi grafis, game ini lebih baik daripada pesaing terdahulunya, oleh karena itu masih banyak penggemar yang jatuh cinta dengan Rules of Survival sejak tahun lalu.

Walaupun grafis game ini termasuk yang terbaik, tetapi masih ada permukaan model dari game yang terlihat “kasar” pada saat kami memainkannya dan terkadang waktu render dari bangunan terasa lambat ketika kami berjalan ke arahnya. Akan tetapi performa Rules of Survival dapat kami mainkan hampir dengan mulus pada perangkat mid ke high.

  

rules-of-survival-article-pubgvsros-graphic-pubgmobile
Grafis PUBG Mobile

Sementara, PUBG Mobile terbaru menghadirkan grafis yang mulus dan “realistis” sehingga lebih dapat dipercaya ketimbang Rules of Survival.


Detail di bangunan, karakter, dan model item game ini pun terlihat lebih realistis. Lingkungan dan map yang disuguhkan juga terlihat sama seperti dengan versi PCnya. Tetapi hal - hal tersebutlah yang membuat PUBG Mobile terasa lebih lag walaupun ketika game sudah dimainkan pada perangkat mid ke high. (Hal ini akan terlihat lebih jelas ketika kamu menembak)

#2  Setting Game

rules-of-survival-article-pubgvsros-setting-ros
Menu Setting Rules of Survival

Ketika berada di menu setting, kedua game memberikan kamu beberapa pilihan yang sama walaupun  ada juga beberapa setting yang saling menghilang di kedua game tersebut.

rules-of-survival-article-pubgvsros-gameplay-damage-indicator
Rules of Survival - Ada Angka Damage

 Di Rules of Survival kamu dapat memilih setting untuk menunjukkan Indikator Angka Damage yang kamu tembakkan ke musuh.

rules-of-survival-article-pubgvsros-gameplay-damage-indicator-non
PUBG Mobile - Tidak Ada Angka Damage

Sedangkan di PUBG Mobile, indikator angka damage itu tidak ada. Hal itu dibuat untuk memberikan pemain lingkungan pertempuran yang lebih realistis.

rules-of-survival-article-pubgvsros-setting-pubgmobile
Setting Grafis PUBG Mobile

PUBG Mobile memberikan pemain pilihan gaya di setting grafis (akan segera di implementasikan) yang memberikan kamu grafis paling keren jika kamu memiliki perangkat yang kuat untuk memainkannya.

rules-of-survival-article-pubgvsros-setting-pubgmobile-autoloot
Setting Auto Pick - Up PUBG Mobile

Ada fitur yang sangat bagus di PUBG Mobile, yaitu Auto-Pick yang tidak tersedia di Rules of Survival (mungkin ROS akan menambahkan fitur ini kedepannya?)

Fitur auto-pick ini akan membantu game ini menjadi lebih user friendly, dengan cara mengambil secara otomatis item yang diprioritaskan jika kamu berada di dekatnya!

Yey! Akhirnya ada fitur yang membantu pemain untuk lebih fokus dalam bertahan hidup ya. ^^

#3 Gameplay

rules-of-survival-article-pubgvsros-gameplay-ros
Rules of Survival - Indikator Suara di Bawah Kompas

Gameplay secara keseluruhan dari kedua game tersebut hampir sama, kamu dapat memiringkan kepalamu ke kanan dan ke kiri, berjongkok, melompat, bahkan vaulting. (yang merupakan fitur baru tambahan di Rules of Survival)

Tetapi ada juga fitur yang saling menghilang diantara satu dengan lainnya, seperti auto-pick up di PUBG Mobile yang membuat kamu dapat loot dengan lebih cepat dan mudah, serta indikator angka damage dari Rules of Survival yang memungkinkan kamu untuk tahu seberapa banyak damage yang kamu berikan ke musuhmu.

Keduanya adalah fitur bagus yang memberikan pengalaman terbaik ketika pemain memainkan kedua game tersebut.

rules-of-survival-article-pubgvsros-gameplay-pubg
PUBG Mobile - Indikator Suara di Mini Map

Ada juga fitur yang sangat membantu di Rules of Survival - ikon suara dari tembakan dan kendaraan di bawah kompas yang membantu kita menentukan dari mana arah suara yang terdengar.

Di PUBG Mobile, fitur ini ditampilkan di dalam mini map, hal itu tentu akan membuat pemain mengalami kesulitan untuk melihat dari mana arah tembakan atau kendaraan tersebut berasal.

rules-of-survival-article-pubgvsros-gameplay-vehilce-glider
Glider Rules of Survival

Kendaraan yang ada di Rules of Survival juga lebih banyak, seperti hovercraft yang membuat pemain dapat pergi melalui jalur darat maupun laut, atau juga sebuah glider yang memungkinkan kamu untuk menembak musuhmu dari langit.

Developer dari Rules of Survival telah menambahkan banyak fitur yang menarik, untuk membuat gameplay dari game ini menjadi lebih atraktif dan menyenangkan! ^^

Siapakah yang Dapat Bertahan Hidup?

rules-of-survival-article-pubgvsros

Jadi setelah kita melihat perbandingan keduanya, hanya akan ada satu pemenang di sebuah game battle royale untuk menjadi the last man standing bukan?

Pertempuran baru saja dimulai dan belum ada game yang dapat dipastikan keluar sebagai pemenangnya.

Untuk saat ini, dengan fan base yang kuat dan usaha untuk terus memperbaiki game, Rules of Survival akan dapat bertahan hidup dari kekuatan invasi PUBG Mobile.

Tetapi , PUBG Mobile juga dapat berkembang lebih baik lagi dan menambahkan banyak fitur di masa yang akan datang, who knows?

Bagi kami, kedua game masih memiliki masalah besar yang harus dapat diselesaikan - Cheater dan Bot!

Jika salah satu dari game tersebut dapat menyelesaikannya dengan cepat, pemain akan berdatangan untuk memainkan game yang fair tanpa adanya cheater dan pada saat itulah Raja sebenarnya akan ditentukan!

Bagaimana dengan kamu? Yang mana yang akan kamu pilih untuk menjadi Raja dari game Battle Royale Mobile?  Tinggalkan komentar kamu di bawah ini dan bagikan pemikiranmu kepada kami!

BACA JUGA